Tugas Bahasa Indonesia Tentang Proposal



Nama Kelompok :   1.  Ega galang s
                                       2.  Yovan Erlangga
                                       3.  Setiyadi
                                       4.  Risky maulana


Pengertian Proposal Dan Sistematika Penulisan Beserta Contohnya



Proposal adalah  suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standart atau rancangan kerja yang disusun secara otomatis dan terinci untuk suatu kegiatan yang ingin dilakukan.Proposal dalam bahasa indonesia berasal dari kata "propos" yang berarti mengusulkan.secara umum proposal berati suatu konsep pemikiran dalam bentuk tulisan tentang suatu proyek kegiatan yang akan dilaksanakan.

Perbedaan Proposal Formal,Non formal Dan Semi formal,sebagai berikut :

1. Proposal Formal
               Proposal formal adalah proposal yang masih berhubungan dengan pihak                                           resmi.contohnya (Proposal pembangunan,proposal tugas akhir,dll)

2. Proposal Non Formal
              Proposal non formal adalah proposal yang bentuknya tidak saling berhubungan                                 dengan  pihak lembaga resmi.contohnya (proposal pelaksanaan pentas seni,dll)

3. Proposal Semi Formal
              Proposal semi formal adalah proposal yang bentuknya tidak selalu dengan pihak ke-2                       dan terkadang tidak pernah berhubungan dengan pihak lembaga resmi.


                  Sistematika penulisan proposal formal :
  1. Pendahuluan
  • Sampul dan halaman judul
  • Prakata
  • Ikhtisar
  • Daftar isi
  • Penegasan permohonan
  • Daftar gambar/tabel

      2. Isi Proposal
  • Latar belakang masalah
  • Ruang lingkup masalah
  • Batasan masalah
  • Kerangan teori
  • Metodologi
  • Fasilitas

      3. Bagian penutup
  • Daftar pustaka
  • Lampiran-lampiran


contoh proposal non formal

 Judul proposal:
Pemancingan 
 
 Latar belakang 

suatu lokasi ditotokaton dimana lokasi tersebut dekat dengan suatu ledengdan juga terletak di pinggir jalan raya. Terdapat tanah kosong dan cukup luas milik juragan yang belum ada rencana pembangunan dari informasi yang saya dapakan bahwa tanah tersebut dapat disewakan untuk beberapa tahun kedepan. Kebetulan saya punya ide untuk membangun usaha tempat pemancingan ikan. Hal ini berkaitan dengan hobi saya memancing ikan, dan juga beberapa kilo meter  didesa totokaton juga ada tempat pemancingan yang cukup ramai dimana pengunjungnya adalah warga totokaton dan sekitarnya dan bahkan ada juga pengunjung yang datang dari luar desa 

Keunggulan Produk.

Keunggulan produk ini yaitu:
      - Belum banyak orang yang membuka usaha pemancingan ikan, khususnya didaerah totokaton dan                       sekitarnya  sehingga menjadikan usaha ini menjadi peluang usaha baru yang menguntungkan bgi                          pengusaha dibidng perikanan.
      - Usaha ini memiliki berbagai macam manfaat disamping bisa menjalankan hobi juga bisa melepaskan penat         dn juga bisa melatih kesabaran dan juga menjadikan tempat berlibur bersama keluarga kerabat teman atau          pacar

Analisis SWOT

   setiap kegiatan untuk memuli usaha, maka hal yang harus dilakukan dahulu adalah mengukur kemampuan           saya terhadap lingkungan atau pesaing adalah analisis SWOT :
1. Strenght (kekuatan)
     - Menjul produk untuk semua kalangan masyarakat.
     - 1 kolam terdiri dari 1 jenis ikn dan kolam ada 5, 3 untuk pemancingan 2 untuk penampungan.
2. Weakness (kelemahan)
     - Kelemahan dari produk usaha ini adalah ikan bnyak yang stres/mati jika sering diberi makan.
3. Opportunity (peluang)
    - Tempatnya yang strategis yaitu dipinggir kali dan dekat dengan jalan raya yang memungkinkan untuk                    dijangkau konsumen.
4. Trought (ancaman)
    - Adanya pesaing yang membuka usaha yang sama

Analisis UP


1. Product (produk)
    2 produk yang kami pasarkan adalah dibidang rekreasi dan hiburn yitu pemancingan ikan
2. Price (harga)
    Harga tiket masuk yaitu 40.000 untuk ikan gurame 35.000 untuk ikan mujair dan 45.000 untuk ikan emas              harga tiket termasuk pakan dan kursi.
3. Promotion (promosi)
    Dalam melakukan promosi ini kami menebarkan brosur dan iklan dimedia cetak.
4. Place (tempat)
    Tempat yang dipilih yaitu dipinggir ledeng dan dekat dengan jalan raya karen tempatnya yang strategis                   memungkinkan konsumen menjangkau tempat ini dengan mudah.

Segmentasi Pasar

- Menganalisa potensi pasar
         Dalam menjalankan usaha ini kita harus mengetahui potensi pasar bagaimana produk yang kita jual                     bagaimana kelemahan kekuranagn atau kelebihan/keunggulan produk yng kita jual agar konsumen tidak               tas porduk/jasa pelayanan yang kita berikan kepada para konsumen/pengunjung.
- Menentukan objek pasar.
         Dalam menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dan dapat dicapai atau dijangkau oleh                      konsumen.
- Menentukan target dan sasaran pasar.
         Dalam menjalankan usaha ini kita harus menetapkan trget pasr usah dengan melihat perbedaan agar                    produk yng kit tawarkan bisa dijangkau konsumen.
Tujuan.

Tujuan saya memilih usaha ini adalah :
- Mengingat pentingnya usaha pemancingan dan melihat besarnya permintaan masyarakat akan rekreasi dan hiburan, maka saya membuka tempat pemancingan ini sebagai rekreasi serta pelepasanpenat para karyawan kantor yang baru saja pulang kantor serta untuk menenangkan diri setelah seharian bekerja, dan juga bisa dijadikan hobi bagi anda par pemancing.

Komentar